Beranda > IT > 3G Dilanjutkan oleh 4G LTE,Bukan WiMax

3G Dilanjutkan oleh 4G LTE,Bukan WiMax


Menurut laporan In-Stat bertajuk “The Road to LTE: Is WiMAX Really the Enemy”, Long Term Evolution (LTE) merupakan standar mobile broadband generasi mendatang yang akan dipilih sebagai lompatan berukutnya dalam teknologi nirkabel.

Pada laporan yang mencakup pasar dunia untuk teknologi nirkabel 4G, disebutkan bahwa meski WiMax sempat muncul sebagai kompetitor dari 4G, tampaknya persaingan akan segera berakhir.

Meski demikian, In-Stat menyebutkan, implementasi LTE akan terhambat oleh keberhasilan jaringan 3G dan HSPA serta HSPA+. Alasannya, operator nirkabel terlebih dahulu ingin mengimbangi investasi yang telah mereka tanam pada infrastruktur mereka.

“Saat ini LTE masih memiliki sejumlah masalah yang belum terselesaikan,” kata Allen Nogee, analis In-Stat. “Salah satunya adalah masalah spectrum, signal-to-noise ratio, dan masalah seputar paten serta royalti. Peralihan ke 4G LTE dipastikan akan bertahap atau berlarut-larut,” ucapnya.

Pada penelitian yang dilakukan In-Stat menemukan bahwa implementasi LTE secara efektif akan dimulai pada 2010 ini. Amerika Utara dan Asia Pasifik akan menjadi kawasan pertama yang memasang teknologi tersebut.

Meski LTE diperkirakan akan menjadi standar 4G yang akan dipilih, Mobile WiMax lebih matang dalam penerapannya dan memiliki pasar tersendiri. Bahkan di tahun 2013 mendatang, Mobile WiMax diperkirakan akan memiliki jumlah pelanggan global yang 5 kali lipat lebih banyak dibanding jumlah pelanggan LTE.

In-Stat menyebutkan, dongle, kartu jaringan, dan perangkat USB akan menjadi peralatan LTE pertama yang akan dijual. Adapun handset mobile LTE baru akan dijual dalam kuantitas besar pada paruh kedua 2012.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: